CARA MEMBUAT RADIO STREAMING MURAH

Pernah dengar gak kata radio streaming? Atau anda bertanya-tanya mengenai bagaimana cara membuat radio streaming / cara membuat radio online?  beruntung, Anda telah di tempat yang tepat. Yupz benar sekali dengan membaca artikel ini Anda akan mengetahui bahwa untuk membuat radio streaming atau radio online tidak membutuhkan biaya yang besar alias murah. Mangnya kenapa bisa murah? dan caranya sangat gampang.


Dan… tunggu dulu, sebenarnya apa itu radio streaming? sulit gak buat radio streaming ini? Dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat radio streaming, gimana caranya? Dan apanya yang murah, heran degh masak seenaknya aja bilang cara membuat radio streaming itu murah? Klo menurut saya nich, kan klo radio biasa yang jangkauannya tidak jauh, biayanya lumayan mahal. Gimana dengan radio streaming yang notabene radio online? Salah tuch, pastinya biaya membuat radio streamingnya tidak murah alias mahaaalllll… kalau murah gimana caranya.. ayo coba….


“duch,,,, yang di atas nich orang yang lagi esmosi… pertanyaannya nyolot banget.. Masak kita cuma bahas cara membuat radio streaming murah, rasanya pengen ngejitak. hehehehe..”
Langsung aja yagh kita ke topiknya (cara membuat radio streaming murah), supaya kita tahu bagaimana sebenarnya cara membuat radio streaming yang katanya murah ini…….

Pertama, apa itu radio streaming? radio streaming sebenarnya hampir sama dengan radio biasa. Tetapi kalau radio biasa jangkauannya sangat dekat. beda dengan radio streaming atau radio onine. yang sangat jauh, dan tentu saja pendengarnya bisa dari luar negeri. Jadi, dengan membuat radio streaming kita dapat menyebarkan informasi keseluruh orang yang ada di dunia. dah ngerti gak apa itu radio streaming? 

kalau masih belum coba baca kutipan yang saya ambil dari wikipedia:





Radio streaming  yang juga dikenal sebagai web radio,net radio, streaming radio atau e-radio adalah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet.  Penyiaran yang dilakukan dengan cara internet ini disebut sebagai webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel.  Radio internet atau radio streaming memiliki sebuah media streaming yang dapat menyediakan saluran secara audio terus menerus dan tidak ada kontrol operasional penyiaran seperti media penyiaran tradisional pada umumnya. Banyak stasiun radio streaming yang berasosiasi dengan stasiun radio tradisional (bukan stasiun radio streaming), namun bagi radio internet atau radio streaming  yang jaringannya hanya menggunakan internet dan tidak berasosiasi dengan radio tradisional, maka stasiun radionya bersifat independen dan tidak tergabung dalam perusahaan penyiaran manapun.

Layanan radio internet atau radio streaming dapat diakses dari belahan dunia manapun, misalnya, orang dapat mendengarkan stasiun radio streaming Australia, dari Eropa atau Amerika. Namun, ada juga beberapa jaringan radio streaming seperti Clear Channel di AS dan Chrysalis di UK yang membatasi penyiaran dalam negerinya sendiri karena masalah perizinan jenis musik tertentu dan iklan. Radio internet atau radio streaming cukup populer bagi kalangan ekspatriat maupun pendengar lain karena banyaknya kepentingan serta kebutuhan yang sering kali tidak cukup baik disediakan oleh stasiun radio lokal (seperti musik-musik alternative, hiburan maupun info-info lain yang tidak dapat diakses pada radio lokal). Seperti pada umumnya radio, radio streaming atau radio internet juga tetap memiliki layanan-layanan program yang terdapat dalam radio tradisional.

Adapun cara yang digunakan untuk menyiarkan radio streaming atau radio internet ini adalah melalui teknologi streaming, yaitu teknologi yang dapat menerima serta mengirim informasi dari satu pihak ke pihak lain menggunakan alat yang dapat menerima aliran media streaming tersebut juga. Teknologi streaming ini menggunakan lossy audio codec, yaitu program komputer yang berfungsi untuk mengkompres audio maupun video berdasarkan data yang diformat melalui streaming suara ke radio internet atau radio streaming. Format audio streaming termasuk MP3, Windows Media Audio, RealAudio dan HE-ACC (kadang-kadang disebut aacPlus)

Terakhir, terdapat lebih dari 3000 stasiun radio streaming atau radio inernet yang ada, Namun jumlah stasiun radio streaming atau radio internet di indonesia hanya sekitar 70 buah. (duch dikit amat yagh???)

Tapi ini merupakan peluang bagi kita yang ingin membangun bisnis internet melalui radio streaming, karena kita dapat membuat radio streaming dengan biaya relatif murah.
dah pahamkan mengenai apa itu radio streaming??

Selanjutnya, bagaimana cara membuat radio streaming dan mengapa biayanya bisa murah… apakah cara membuatnya itu mudah atau sulit. Dan apa-apa saja yang perlu disediakan untuk membuat radio streaming ini. Berikut penjelasannya 





Untuk membuat radio streaming ada beberapa cara. Yang paling terkenal adalah dengan menggunakan shoutcast. Dengan Shoutcast ini, kita dengan mudah bisa mengelola shoutcast mulai dari stop dan start, mengecek jumlah statistik pengunjung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Adapun penyedia Shoutcast hosting atau Radio Streaming Online di Indonesia adalah KlikHost.com yang menggunakan Dedicated Shoutcast Server dengan koneksi IIX (Indonesia Internet Exchange). Dan dengan demikian hal ini memberikan bandwidth terbaik untuk koneksi di Indonesia maupun Internasional hingga 100 Mbps. Coba bayangin.
Dan pastinya dengan kualitas tersebut, layanan ini dapat dinikmati dengan harga relatif murah yakni dengan harga mulai Rp 50.000,- per bulan untuk 100 pendengar, menjadikan layanan ini terjangkau. Coba bandingkan dengan perusahaan lain yang mematok harga mulai Rp 5.000.000,-  per bulan (bukan per tahun!!!!) untuk 30 pendengar. Busyet mahal amat yagh.. Coba bandingin baik-baik Rp. 50.000 dengan Rp. 5.000.000, murah yang mana? Kalau ada yang bilang lebih murah Rp. 5.000.000, kayaknya perlu degh kacamata. Tunggu dullllluuuuu, yang Rp. 5.000.000 itu untuk 30 0rang pendengar khan? jadi, kalo 100 pendengar berapa biayanya? masih berani bilang murah?


Sebenarnya biaya Rp. 5.000.000 itu wajar, kenapa? Soalnya radio streaming itu memang mahal pada biaya operasionalnya. Kalau memang biaya membuat radio streaming itu murah, pastilah jumlah pemilik radio streaming di indonesia bukan 70 akan tetapi 70.000. hehehehehe… benar gak??


Akan tetapi, dengan menggunakan jasa di klikhost.com, kita tidak usah lagi bermimpi untuk membuat radio streaming murah. Cukup dengan Rp. 50.000, kita bisa membuatnya. Gimana berminat? Kalau anda berminat membuat radio streaming dengan biaya yang sangat murah, kunjungi aja klikhost.com. karena memang cuma klikhost yang menyediakan layanan membuat radio streaming murah. Namun, jangan salah biar pun biayanya murah, akan tetapi kualitasnya tidak murahan. Jadi, cepppatttt buruan habissss. hehehehe…

Sekedar gambaran cara membuat radio streaming murah ini, coba anda liat skema berikut ini:


Berikut SKEMA CARA KERJA RADIO STREAMING :
Output dari Sound Processor
Komputer
Shoutcast Server KlikHost.com
(Gedung Cyber Jakarta)
Komputer Pendengar
Berikut ini adalah paket yang bisa Anda pilih di layanan klikhost:
Paket SH-1
Jumlah maksimal pendengar : 100
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Support MP3 & AAC+
Live Broadcast (YES)
Gratis biaya setup (Remote melalui TeamViewer)
Rp. 50.000/bulan atau Rp. 500.000/tahun

Paket SH-2
Jumlah maksimal pendengar : 200
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Support MP3 & AAC+
Live Broadcast (YES)
Gratis biaya setup (Remote melalui TeamViewer)
Rp. 100.000/ bulan atau Rp. 1.000.000/tahun


Paket SH-3
Jumlah maksimal pendengar : 300
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Support MP3 & AAC+
Live Broadcast (YES)
Gratis biaya setup (Remote melalui TeamViewer)
Rp. 150.000/ bulan atau Rp. 1.500.000/tahun


Paket SH-4
Jumlah maksimal pendengar : 500
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Support MP3 & AAC+
Live Broadcast (YES)
Gratis biaya setup (Remote melalui TeamViewer)
Rp. 250.000/ bulan atau Rp. 2.500.000/tahun


Paket SH-5
Jumlah maksimal pendengar : 1000
Bitrate : 16 – 128 kbps (Stereo)
Bandwidth Unmetered
Support MP3 & AAC+
Live Broadcast (YES)
Gratis biaya setup (Remote melalui TeamViewer)
Rp. 500.000/ bulan atau Rp. 5.000.000/tahun
Bonus!!! :
1. Dimasukkan dalam directory radio online kami
2. Setting untuk blackberry streaming
Yang Anda perlu sediakan :
1. Komputer yang terkoneksi dengan internet (broadband)
2. Kabel  dari soundprocessor ke 
input line in soundcard komputer
Kenapa memilih klikhost ?
1. karena menggunakan server khusus untuk shoutcast di gedung cyber Jakarta (IIX)
2. dikelola oleh server shoutcast sendiri
3. Lama setup kurang dari 20 menit setelah pembayaran dilakukan
4. Monitoring berkala
5. Harga dijamin paling murah, dan tidak murahan
6. Bantuan teknis 24 jam via email, YM, telepon, SMS (fast response).

Semoga, artkel ini dapat mengubah cara pandang anda mengenai radio streaming yang mahal, tetapi sebenarnya murah. Kalau anda masih penasaran bagaimana cara membuat radio streaming murah,, silakan klik Cara Membuat Radio Streaming Murah Di sini 
semua masalah Anda mengenai radio streaming akan terjawab di sini.


Jadi, tunggu apa lagi, mari kita ramaikan radio streaming yang ada di dunia maupun indonesia dengan radio streaming milik kita sendiri…
Salammmm…
Advertisements

About imranxrhia

saya hanya orang biasa, yang tinggal di rumah biasa. Di daerah yang biasa dan di negara yang sangat biasa.Tetapi saya berusaha untuk melakukan hal yang luar biasa. ^_^

Posted on 11 January 2011, in Cara Membuat Radio Streaming Murah. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. mantap gan, tutorilanya, tak kirain ribet anget tu bikin streaming radio,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: